Sabtu, 08 Januari 2011

APAKAH JIN MENGETAHUI ALAM GHAIB ???!!??

Jin tidak mengetahui alam ghaib dan tidak ada makhluk yang ada di langit maupun di bumi yang mengetahui alam ghaib kecuali Allah, seperti yang difirmankan-Nya, "Maka tatkala Kami telah menetapkan kematian Sulaiman, tidak ada yang menunjukkan kepada mereka kematiannya itu kecuali rayap yang memakan tongkatnya. Maka tatkala ia telah tersungkur, tahulah jin itu bahwa kalau sekiranya mereka mengetahui yang ghaib tentulah mereka tidak akan tetap dalam siksa yang menghinakan." (Saba': 14).
Barang siapa mengaku mengetahui alam ghaib maka dia kafir, dan barang siapa yang percaya kepada orang yang mengetahui masalah ghaib dia juga kafir, karena Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman, "Katakanlah: "tidak ada seorangpun di langit dan di bumi yang mengetahui perkara yang ghaib, kecuali Allah", dan mereka tidak mengetahui bila mereka akan dibangkitkan." (An-Naml:65).
Tidak ada yang mengetahui sesuatu yang ghaib baik di langit maupun di bumi kecuali Allah. Sedangkan orang-orang yang mengaku bahwa dirinya mengetahui apa yang akan terjadi di masa mendatang maka dia adalah dukun. Padahal dijelaskan dalam hadits Nabi Shallallahu Alahi wa Sallam, "Barang siapa mendatangi orang pintar(dukun) lalu bertanya kepadanya maka shalatnya tidak diterima selama empat puluh hari." (HR Muslim).
Mempercayai dukun bisa menjadi kafir karena jika dia mempercayai bahwa orang itu mengetahui alam ghaib maka dia telah mendustakan firman Allah, "Katakanlah, 'Tidak ada seorang pun di langit dan di bumi yang mengetahui perkara yagn gaib, kecuali Allah', dan mereka tidak mengetahui bila mereka akan dibangkitkan." (An-Naml: 65).
Sumber: Syaikh Muhammad bin Shaleh Al-Utsaimin, Fatawa arkaanil Islam atau Tuntunan Tanya Jawab Akidah, Shalat, Zakat, Puasa, dan Haji, terj. Munirul Abidin, M.Ag. (Darul Falah 1426 H.), hlm 97 – 98.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar